Topik Manajemen Pemasaran
Perencanaan dan Tujuan Manajemen Pemasaran
Perusahaan membutuhkan manajer untuk
melakukan kegiatan pemasaran agar konsumen tertarik membeli produk perusahaan. Manajer
pemasaran adalah penetapan untuk mengantur tujuan-tujuan pemasaran bagi suatu
organisasi dengan mempertimbangkan sumber daya internal dan peluang pasar.
Konsumen akan membeli produk perusahaan jika manajer melakukan pemasaran dengan
cara yang unik dan kreatif. (Phillip Kotler, 2008) berpendapat manajemen
perusahaan yaitu kegiatan perusahaan dalam perencanaan pemasaran dalam upaya
mencapai kepuasan pelanggan sebagai tujuan perusahaan. Manajemen pemasaran
memiliki perencanaan (planning) dan
tujuan (goals) dalam kegiatan
perusahaan.
Perencanaan promosi (promotion planning) manajemen pemasaran yaitu kegiatan manajer untuk memperkenalkan produk perusahaan kepada konsumen agar produk banyak dibeli. Perencanaan ini berupa membuat rencana
alternatif sebelum memutuskan tindakan. Manajemen harus memahami kebutuhan
konsumen sebelum membuat rencana. (Agustina Shinta, 2011) dalam buku yang
ditulis berpendapat perencanaan pemasaran yaitu Penentuan kegiatan-kegiatan
pemasaran, strategi dan analisis untuk membuat rencana perusahaan. Perusahaan
akan mendapat keuntungan apabila rencana pemasaran terhadap konsumen berjalan
efektif.
Tujuan (goals) manajemen pemasaran yaitu sesuatu kegiatan yang telah
direncanakan dengan tujuan mendapatkan keuntungan. Tujuan manajemen pemasaran
ini dapat berupa promosi agar masyarakat lebih mengenal produk yang dibuat
perusahaan. Tujuan pemasaran dapat berupa meningkatkan kualitas produk yang
dihasilkan agar konsumen tidak mudah bosan dengan suatu produk. (Garry Armstrong, 2008) berpendapat mengenai tujuan pemasaran yaitu rencana yang sudah
ditetapkan dan menjadi pedomana untuk menguasai pasar untuk mendapat
keuntungan. Dengan perencanaan dan menetapkan tujuan dari rencana tersebut
perusahaan akan terarah untuk mencapai keuntungan.
Daftar Pustaka :
Kotler
Phillip, Armstrong Garry. 2008. Prinsip-prinsip Manajemen Pemasaran. Jilid 1.
Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga.
Shinta
Agustina. 2011. Manajemen Pemasaran. Malang: UB Press.
Komentar
Posting Komentar