Topik Manajemen Pemasaran



Perencanaan dan Tujuan Manajemen Pemasaran

        Perusahaan membutuhkan manajer untuk melakukan kegiatan pemasaran agar konsumen tertarik membeli produk perusahaan. Manajer pemasaran adalah penetapan untuk mengantur tujuan-tujuan pemasaran bagi suatu organisasi dengan mempertimbangkan sumber daya internal dan peluang pasar. Konsumen akan membeli produk perusahaan jika manajer melakukan pemasaran dengan cara yang unik dan kreatif. (Phillip Kotler, 2008) berpendapat manajemen perusahaan yaitu kegiatan perusahaan dalam perencanaan pemasaran dalam upaya mencapai kepuasan pelanggan sebagai tujuan perusahaan. Manajemen pemasaran memiliki perencanaan (planning) dan tujuan (goals) dalam kegiatan perusahaan.

     Perencanaan promosi (promotion planning) manajemen pemasaran yaitu kegiatan manajer untuk memperkenalkan produk perusahaan kepada konsumen agar produk banyak dibeli. Perencanaan ini berupa membuat rencana alternatif sebelum memutuskan tindakan. Manajemen harus memahami kebutuhan konsumen sebelum membuat rencana. (Agustina Shinta, 2011) dalam buku yang ditulis berpendapat perencanaan pemasaran yaitu Penentuan kegiatan-kegiatan pemasaran, strategi dan analisis untuk membuat rencana perusahaan. Perusahaan akan mendapat keuntungan apabila rencana pemasaran terhadap konsumen berjalan efektif.

        Tujuan (goals) manajemen pemasaran yaitu sesuatu kegiatan yang telah direncanakan dengan tujuan mendapatkan keuntungan. Tujuan manajemen pemasaran ini dapat berupa promosi agar masyarakat lebih mengenal produk yang dibuat perusahaan. Tujuan pemasaran dapat berupa meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan agar konsumen tidak mudah bosan dengan suatu produk. (Garry Armstrong, 2008) berpendapat mengenai tujuan pemasaran yaitu rencana yang sudah ditetapkan dan menjadi pedomana untuk menguasai pasar untuk mendapat keuntungan. Dengan perencanaan dan menetapkan tujuan dari rencana tersebut perusahaan akan terarah untuk mencapai keuntungan.




      Daftar Pustaka :

Kotler Phillip, Armstrong Garry. 2008. Prinsip-prinsip Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga.

Shinta Agustina. 2011. Manajemen Pemasaran. Malang: UB Press.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Excercise-4 Bahasa Inggris bisnis 2

Pembentukan dan pembubaran koperasi

Tugas Dialogue with a client on a product problem