Topik Bisnis Internasional


Ekspor dan Impor Bisnis Internasional


            Bisnis Internasional adalah kegiatan bisnis yang dilakukan antara negara yang satu dengan negara lain. Perdagangan internasional ini melalui transaksi antarnegara yang dilakukan dengan ekspor dan impor. Bisnis ini terjadi karena tidak ada satu negara di dunia yang dapat mencukupi seluruh kebutuhan di dalam negeri dari produk yang dihasilkan oleh negara itu sendiri. (Panglaykim, 1985) keuntungan akan berpindah ke negara yang mempunyai persediaan faktor produksi yang digunakan secara intensif untuk menghasilkan barang itu. Bisnis internasional meningkatkan hubungan kerjasama antarnegara perdagangan dengan kegiatan ekspor dan impor.

Ekspor adalah penjualan produksi yang dibuat di dalam negeri dan dikirim ke negara tujuan. Ekspor dilakukan untuk menambah pendapatan negara untuk membangun perekonomian negara. Kegiatan ini akan berjalan lancar jika distribusi pemasaran barang dilakukan secara efektif dan efisien. Elbert mengatakan dalam buku (Wahjono, 2010) kegiatan mendistribusikan produk adalah upaya mengefisiensikan pemasaran yang bukan hanya menjual produk saja. Negara pengekspor juga memerlukan sebagian bahan produksi yang tidak ada di dalam negeri dan harus melakukan kegiatan impor.

Impor adalah kegiatan membeli barang dari luar negeri kemudian dijual di dalam negeri untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Kegiatan impor akan terjadi jika barang yang dibutuhkan lebih murah di luar negeri. Impor dilakukan untuk menambah barang yang tidak ada di dalam negeri. (Ball, 2007) kegiatan impor adalah membeli barang yang lebih murah di luar negeri dan menjual kepada konsumen di pasar domestik. Suatu negara pasti melakukan kegiatan ekspor dan impor karena ini menjadi faktor penentu kesejahteraan negara dan masyarakat dalam bidang perekonomian dalam memenuhi kebutuhan.


          DAFTAR PUSTAKA :

Panglaykim, Jusuf. 1985. Bisnis Internasional dalam lingkungan yang sedang berubah. Jakarta: Sinar Agape Press.

Ball, Donald A.  2007. Bisnis Internasional, Cetakan ke-2. Jakarta: Salemba Empat.

Wahjono, Sentot Imam. 2010. Bisnis Modern. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Excercise-4 Bahasa Inggris bisnis 2

Pembentukan dan pembubaran koperasi

Tugas Dialogue with a client on a product problem